World Financial Flow & Financial Flow

 (+) A

Deposit

Bank

( perantara )

                                 Kredit ( loan )

(-) B

 

Deposit dibagi menjadi 3, yaitu :

  1. Saving Deposit         : Tabungan
  2. Demand Deposit      : Giro
  3. Time Deposit             : Deposit

 

Bank termasuk dalam “Financial Intermediaries” atau biasa disebut dengan Perantara Keuangan.

(+) A

(investor)

Capital Martket (pasar modal)

 

(-) B

(debitor)

 

 

 

 

Capital Market (Pasar Modal) dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Saham (stock), adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan atau biasa disebut dengan surat kepemilikan.

Saham ada 2 macam, yaitu deviden dan capital gain. Di Indonesia sendiri menggunakan sistem Capital Gain. Deviden adalah pembagian kepada pemegang saham dari suatu perusahaan secara proporsional sesuai dengan jumlah saham yang dipegang oleh masing-masing pemilik. Sedangkan Capital Gain adalah keuntungan yang diperoleh pemegang saham, ketika menjual sahamnya atau dengan kata lain selisih antara harga jual dengan harga beli.

Contoh dari Capital Gain adalah anda membeli saham dengan harga katakanlah 1000 rupiah per lembar, selanjutnya anda menjual saham tersebut dengan harga 1400 rupiah per lembar, maka capital gain yang anda dapat adalah 400 rupiah.

Pada dasarnya ada 2 jenis Capital Gain, yaitu :

–       Capital Gain Jangka Panjang, diperoleh bila Anda menjual saham lebih dari satu tahun.

–       Capital Gain Jangka Pendek, diperoleh bila anda menjual kurang dari setahun.

 

  1. Obligasi, adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi kontrak pengakuan hutang atas pinjaman yang diterima oleh penerbit obligasi dari pemberi pinjaman (pemodal)..

 

Bank disebut juga “Indirect Investment” atau Investasi Langsung. Jika bunga capital market naik 20% maka B rugi dan yang terkena imbas juga A.

Bank juga bekerjasama dengan Asuransi. Agar bank tidak rugi, bank melakukannya dengan cara premi. Lalu agar tidak terkena resiko asuransi maka  pihak asuransi melakukan reasuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Perusahaan reasuransi lalu melakukan retrocessi.

Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tetanggung atas keikutsertaannya dalam asuransi.

Reasuransi adalah satu perusahaan asuransi melindungi dirinya terhadap resiko asuransi dengan memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi lain.

Retrocessi adalah pelimpahan resiko dari perusahaan reasuransi kepada perusahaan reasuransi lain.

Contoh :

  • Obligasi akan cair Mei 2012 dengan Rp.10.000.000,- dengan pembayaran bunga lebih dulu (karena diskonto dengan rata-rata bunga 10% selama 3 bulan).
  • Jika Indirect Investment dengan bunga 20%. Jika B rugi maka yang akan menanggung adalah Bank. Dengan faktor transfer of risk yaitu : i1 < i3 dan i2 > i3
  • Andai B rugi maka dipindahkan ke A dan ditanggung oleh Bank lalu Bank menanggung di asuransi yang dibayarkan dengan uang pertanggung lewat premi yang dibayarkan.
  • Jika terjadi dengan B, misal bangkrut maka asuransi ( ABC ) akan membayar Rp.10.000.000,- melalui uang yang dibayarkan Bank Rp.40.000.000,- setiap tahun. Tapi asuransi ( ABC ) membawa asuransi ( XYZ ) untuk ikut menanggung si B maka peristiwa ini disebut “Reasuransi” tetapi asuransi ( XYZ ) mengajak asuransi ( EAS ) untuk menanggung si B yang disebut “Capital Flight”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s