RANGKUMAN KICK ANDY Jum’at, 5 Oktober 2012

Ditengah merajalelanya kejahatan korupsi ini ada anak muda, guru, bahkan siswa SMP yang melakukan perlawanan dengan caranya masing – masing. Diantaranya adalah sebagai berikut :

v  Basuki Sugita

Adalah seorang guru matematika yang juga merangkap sebagai Kepala Sekolah di SMP Kanisius Kudus Jawa Tengah. Beliau menerapkan ajaran Anti Korupsi bagi guru & murid – muridnya. Pada setiap hari sabtu ada sebuah jam khusus, yaitu jam PAK (Pendidikan Anti Korupsi) dan sejak tahun 2006 guru & semua murid memakai pin yang bertuliskan “SMPK Kudus Anti Korupsi”. Di SMP tersebut juga terdapat beberapa fasilitas yang bersifat anti korupsi yang dapat digunakan oleh semua murid – murid, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Warung Kejujuran

Adalah sebuah warung yang dimana tidak ada petugas yang mengawasi. Murid – murid yang membeli barang di warung tersebut memilih sendiri barang yang akan di beli lalu membayar sendiri dengan cara meletakkan uang untuk membayar kedalam sebuah kotak. Jadi murid diajarkan cara bertransaksi dengan mandiri dan jujur.

  • Ular Tangga

Di sela – sela istirahat atau liburan, murid – murid bermain sambil belajar dengan menggunakan ular tangga yang ada di SMP tersebut. Permainan tersebut memiliki pesan – pesan anti korupsi.

  • Telp Kejujuran

Adalah sebuah telp genggam atau HP yang digunakan oleh murid – murid. Telp tersebut dibebaskan untuk transaksi secara mandiri, siapapun dapat menggunakan telp tersebut asal membayar meski tidak ada pihak yang mengawasi.

Itu adalah beberapa fasilitas yang ada di SMP Kanisius Kudus. Anti korupsi yang ada di SMP tersebut di deklarasikan sejak Desember 2005.

Inti dari pendidikan Anti Korupsi di SMP Kanisius Kudus menitik beratkan pada nilai – nilai kejujuran. SMP tersebut memiliki slogan yaitu “Jujur, Cerdas, & Anti Korupsi”. Munculnya gagasan tentang pelajaran anti korupsi tersebut dari belajar resensi ICW di sebuah harian ibukota. Pada akhir resensi itu menantang guru di Indonesia berani memulai pendidikan anti korupsi.

 

v  Abdul Muktimurahardjo

Adalah seorang bapak yang telah ditinggal mati oleh istrinya 1 tahun yang lalu dan memiliki 3 orang anak. Beliau telah membuat sebuah “kios kejujuran” yang berada di Jl.Veteran Mojokerto Kediri. Mukti yang juga tukang becak mengelola kios bensin eceran dengan semangat kejujuran. Setiap pembeli mengambil sendiri bensin & meletakkan uang ke dalam toples yang sudah disediakan. Kios bensin yang di buka sejak Juni 2011 tersebut tidak pernah ditunggui karna Mukti setiap hari harus menarik becak. Satu – satunya pengaman adalah sebaris kalimat “Pom Bensin Kejujuran 24jam Menuju Surga” yang tertulis pada kain spanduk kios.mukti mulai merintis usaha pombensin dan warung kejujuran. Kios ini tidak hanya menjual bensin dengan harga Rp. 5.000,- per liter tetapi bensin dijual mulai harga Rp. 1.000,- hingga Rp. 5.000,- untuk menyesuaikan kantong pembeli terutama pelajar.

Ketika baru 4 bulan memulai usaha ini, ia sudah kehilangan 84 botol yang dibawa kabur, uang dalam toplesnya juga kerap kali berkurang, belum lagi uang palsu dan uang mainan yang dimasukkan oleh pembeli. Namun beliau tetap sabar dan ikhlas dalam menjalani profesinya tersebut.

v  Fahma Waluya Rosmansyah

Adalah seorang remaja kelahiran Bandung, 27 Mei 1998. Seorang siswa yang bersekolah di SMP Negeri 2 Bandung kelas 3 SMP yang telah membuat sebuah games “Raid the Rats”.

Ia menciptakan aplikasi games yang intinya adalah anti korupsi. Kegemarannya terhadap animasi computer yang ia tekuni sejak kelas 5 SD, telah melahirkan puluhan karya animasi lainnya. Berkat karya – karyanya itu, berbagai penghargaan di bidang animasi pun telah ia terima. Bahkan karya – karya kelas 3 SMP telah menjadi langganan dalam festival tekhnologi & informasi tertinggi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s